Kategori
Berita

Kontroversi terkait Pengambilalihan Newcastle United

Topik terkait Newcastle United tampaknya belum akan lekang untuk dibahas dalam waktku dekat ini. Hal ini terjadi terlebih setelah klub dikabarkan mengalami peralihan kepemilikan. Lembaga investasi asal Arab Saudi pun diberitakan menjadi pemilik saham mayoritas di klub tersebut. Namun, alih-alih mendapatkan sambutan positif, banyak pihak kemudian menyatakan penolakan mereka terhadap peristiwa tersebut.

Main di Fun88 Sekarang

Kontroversi Pengambilalihan Newcastle United

Semenjak pertama kali Newcastle United diambil alih oleh lembaga Investasi Publik Arab Saudi awal bulan ini, berbagai media mencoba memberitakan hal ini dari waktu ke waktu. Sayangnya, tak semua berita tersebut menempatkan klub asal kota Newcastle tersebut pada posisi yang bagus. Tak sedikit bahkan yang mempertanyakan atau bahkan menolak langkah yang dilakukan manajemen tim.

Seperti yang diberitakan di Fun88 mobile, peristwa ini memang menjadikan Newcastle United sebagai klub sepakbola terkaya pada titik tertentu. Namun, hal ini tidak serta merta menjadikan banyak pihak bersimpati dengan kondisi tersebut. Ada beragam spekulasi yang mengitari kondisi Newcastle saat ini, termasuk di antaranya kesan mengizinkan dunia sepakbola dimasuki oleh lembaga yang memiliki riwayat kurang baik terkait penegakan Hak Asasi Manusia.

Penolakan dari Berbagai Klub

Dari rumor transfer pemain hingga pencucian dana dengan menggunakan dunia sepakbola sebagai kedok, pemberitaan tentang topik ini memang tidak pernah habis. Ada begitu banyak pihak yang menyatakan pendapat mereka terkait peristiwa ini. Tak sedikit bahkan yang melontarkan kritik terhadap pengelola Liga Primer Inggris maupun asosiasi sepakbola setempat. Langkah ini menurut mereka akan mencemari nama sepakbola di tanah Inggris sendiri.

Langkah yang dimaksud adalah mengizinkan para miliarder asal Arab Saudi untuk berinvestasi di Newcastle United. Berbagai kabar miring yang mengitari sang pemilik baru tersebut, khususnya di bidang penegakan HAM, menjadi pertanyaan besar yang mendasari penolakan tersebut.

Beberapa pihak bahkan secara gamblang mengatakan hal semacam ini sudah seharusnya tidak boleh terjadi di dunia olahraga. Pada minggu lalu, mantan presiden Barcelona, Joan Gaspart, bahkan bergabung ke dalam barisan pihak yang mengomentari peristiwa ini. Ia menyatakan kritiknya terhadap para penggemar Newcastle United karena seolah telah mengizinkan hal ini terjadi. Ia pun menegaskan bahwa hal ini tidak akan pernah terjadi di Camp Nou.

Makna Peristiwa Newcastle United

Setali tiga uang, presiden Atletic Club Bilbao, Aitor Elizegi, mengatakan pendapatnya terkait masalah ini. Dalam pernyataannya, ia mengatakan bahwa dengan kolaborasi semua pihak, dunia sepakbola dapat menolak peristiwa seperti ini terulang kembali.

Lebih lanjut, ia mengatakan bahwa seharusnya, klub-klub tidak harus berpartisipasi dalam setiap bursa transfer sekadar untuk menyeimbangkan anggaran belanja maupun bergantung kepada agent. Klub-klub seharusnya tidak perlu menjadi seperti Newcastle United atau model Liga Super atau semacamnya. Menurutnya, sudah seharusnya setiap klub bisa bekerja dengan cara yang menurut mereka nyaman dan pemain pilihan mereka masing-masing.