Kategori
Berita

Mantan Pelatih Leeds United Undur dari Manajemen Klub

Mantan pelatih Leeds United, Neil Warnock, baru-baru ini mengumumkan pengunduran dirinya. Sang pelatih sendiri memiliki rekam jejak yang panjang dalam perjalanan sejarah klub sepakbola tersebut. Tak pelak, keputusan tersebut memicu reaksi dari berbagai kalangan.

Main di Fun88 Sekarang

Rekam Jejak Singkat Sang Mantan Pelatih Leeds United

Sosok berusia 73 tahun tersebut telah menghabiskan waktu yang cukup lama bersama mantan klub asuhannya tersebut. Tercatat sejak tahun 1980, ia telah dipercaya mengemban tugas sebagai pelatih kepala di setidaknya 16 klub sepakbola. Sejarah mencatat sosok tersebut menjalani debut perdananya sebagai pelatih di klub sepakbola non-liga, Gainsborough Trinity.

Dalam karirnya yang berjalan sepanljang 5 dekade, Neil Warnock tercatat berhasil beberapa kali mengomandoi klub sepakbola Liga Primer Inggris. Tiga di antaranya adalah Cardiff City, Queens Park Rangers, dan Sheffield United.

Harapan Besar Bagi Sang Mantan Pelatih Leeds United

Ketika ia dipercaya sebagai pelatih Leeds United, Warnock sempat diharap bisa mengakhiri masa pengasingan klub tersebut selama 8 tahun dari peringkat atas klasemen. Ia sendiri tercatat mengambil peran ini pada bulan Februari 2012 silam.

Kala itu, menurut Fun88, ia melanjutkan tugas dari pelatih sebelumnya, Neil Redfearn yang bertugas di musim 2011 hingga 2012. Kehadirannya kala itu berhasil mengantarkan klub asuhannya tersebut ke peringkat 14 klasemen. Ia pun tak menghabiskan waktu untuk mendatangkan berbagai pemain baru pada bursa transfer musim panas. Beberapa naa pemain yang sempat didatangkannya mencakup Steve Morison dan El Hadji Diouf.

Upayanya kali itu terbilang berhasil. Sang pelatih Leeds United berhasil membawa klub asuhannya tersebut hingga posisi tengah di klasemen Liga Champions di tahap-tahap awal musim kompetisi. Namun sayangnya pada musim semi 2013, perannya di klub tersebut harus terhenti.

Karir Terakhir

Sejak kepergiannya dari klub sepakbola Inggris tersebut, sosok penting tersebut kemudian melanjutkan kiprahnya sebagai pelatih. Ia pun sempat dipercaya untuk menjalankan tugas yang sama di Cardiff City dan Rotherham United. Terakhir, ia pun dipercaya untuk mengambil tanggung jawab yang sama di Middlesbrough.

Sayangnya, pertemuan keduanya harus berakhir pada bulan November silam. Terakhir, sang mantan pelatih Leeds United tersebut berujar bahwa hal tersebut merupakan tugas terakhir sebagai pelatih kepala yang akan dijalaninya.

Menurutnya, langkah yang diambilnya tersebut merupakan langkah yang tepat di saat yang tepat. Ia pun beranggapan bahwa sejauh ini dirinya telah bermain dengan baik. Ia telah mencapai berbagai prestasi dalam 50 tahun kiprahnya di dunia sepakbola. Oleh karena itu, kini tiba waktunya bagi dirinya untuk beristirahat dari dunia yang telah membesarkan namanya tersebut.